RUMAH, BISNIS, KULINER, & TEKNO

Memberikan beragam informasi & tips seputar rumah, bisnis, kuliner, teknologi, dan aktivitas lainnya.

3 Cara Membuat Roof Garden Untuk Rumah Minimalis



source: rumahseminimalis.com

Roof garden merupakan salah satu konsep gardening rumah yang memanfaatkan lahan kosong rooftop sebagai taman. Roof garden tidak hanya dibuat pada apartemen, atau rumah dengan ukuran besar, tapi dapat juga dibuat pada rumah minimalis.

Selain membutuhkan cukup dana untuk membuat roof garden. Anda perlu membutuhkan struktur dan konstruksi atap yang spesifik dan kuat. Jika anda memiliki rumah minimalis, tentu anda dapat membuat roof garden dengan konsep yang unik. Ini dia 3 cara membuat roof garden untuk rumah minimalis.

Siapkan Lahan

Memanfaatkan area atap untuk taman sangat dianjurkan. Selain untuk mereduksi panas matahari, konsep ini dapat membuat ruangan menjadi sejuk.
Hal pertama yang harus anda siapkan sebelum membuat roof garden adalah menyiapkan lahan. roof garden pada umumnya dilengkapi dengan tanaman hijau yang dapat memudahkan anda dalam proses perawatannya. Gunakan tanaman seperlunya dan sesuaikan dengan ukuran lahan atap anda karena roof garden yang anda buat bukan seperti roof garden apartemen atau perkantoran.

Membuat Saluran Drainase

Saluran drainase atau saluran untuk pembuangan air kotor dan instalasi air bersih merupakan hal penting yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah konsep roof garden. Anda dapat menambah kerikil dan batu secukupnya untuk menyaring air.
Selain itu, anda dapat juga menggunakan lapisan ijuk yang berfungsi untuk melancarkan saluran pembuangan. Perhatikan struktur area atap anda dan sesuaikan dengan ukurannya sehingga anda tahu seberapa banyak perlengkapan roof garden yang anda butuhkan. Fungsi ijuk pada dasarnya untuk menahan sekaligus menyaring air yang merembes dari pasir dan tanah.
Saluran drainase yang terutama perlu diperhatikan adalah untuk pembuangan air hasil siraman tanaman atau air hujan yang tertampung pada media tersebut.

Menggunakan Waterproofing

Waterproofing umumnya digunakan untuk membuat suatu objek menjadi tahan atau kedap terhadap air. Sebuah konstruksi bangunan biasanya menggunakan lapisan waterproof untuk melindungi dan menjaga ketahanan struktur bangunan tersebut.
Roof garden untuk atap rumah minimalis bertujuan untuk mengantisipasi kebocoran pada atap ke dalam ruangan.
Hal terpenting yang harus diperhatikan apabila ingin menerapkan roof garden adalah kekuatan atap rumah anda. Oleh karena itu, untuk mempertahankan bangunan Anda dapat menggunakan mortar semen instan agar tidak mudah retak. Selain manfaat dekoratif, roof garden juga memberikan manfaat estetika pada rumah anda.

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    3 Cara Membuat Roof Garden Untuk Rumah Minimalis
      Komentar(0)